0
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Sebelas (11) tahun yang lalu Facebook hanyalah sebuah startup, perusahaan rintisan yang belum dikenal dan belum meraksasa seperti sekarang ini.

Pada saat mendirikan perusahaan, Facebook tentu memiliki karyawan, beberapa di antaranya adalah pendiri. Banyak karyawan pertama Facebook kini tidak lagi bekerja di situ. Beberapa ada yang pergi untuk bergabung dengan perusahaan teknologi sukses lainnya seperti Playdom dan Twitter. Namun ada juga yang membangun perusahaan sendiri.

Berikut adalah 10 karyawan pertama Facebook, sebagaimana dilansir laman Business Insider. Dimana mereka sekarang? Simak ringkasannya di bawah ini.

1. Adam D’Angelo 

Adam adalah teman sekolah Mark Zuckerberg di masa SMA. Ia meninggalkan Facebook karena ingin mendirikan perusahaan baru bernama Quora.
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Meskipun secara teknis Adam bukanlah salah satu dari 10 karyawan Facebook pertama, D’Angleo adalah salah satu teman SMA terbaik Zuckerberg dan sudah bekerja di Facebook jauh sebelum namanya masuk dalam daftar gaji.

Bekerja di Facebook sejak: November 2006 – Juni 2008
Posisi di Facebook: CTO
Sekarang: Co-founder dan CEO Quora

2. Mark Zuckerberg 

Nama Zuck, panggilan akrab Mark Zuckerberg, tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Dia adalah salah satu pendiri Facebook. Zuck disinyalir mengidap buta warna, ia tidak dapat melihat warna merah dan hijau dengan jelas. Warna biru adalah warna yang terlihat jelas di pengelihatannya. Itu kenapa ia pakai memilih warna biru sebagai warna utama Facebook.
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Bekerja di Facebook sejak: Februari 2004 – sekarang
Posisi di Facebook: CEO and co-founder
Sekarang: Masih di Facebook — namun bedanya Zuck kini sudah menjadi miliarder. Kekayaannya sekarang bernilai US$ 34 miliar.
Meski Zuckerberg adalah bos besar di kantor Facebook, tapi ia memilih duduk di meja kerja yang sama dengan para karyawannya dibanding duduk di kursi dan meja kerja yang mewah.

3. Dustin Moskovitz 

Dia adalah CTO pertama Facebook, dan juga teman sekamar (roommate) Mark Zuckerberg. Keduanya dropped out (DO) dari Universitas Harvard lalu pindah ke California untuk bekerja di Facebook.
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Bekerja di Facebook sejak: Februari 2004 – November 2009
Posisi di Facebook: Co-founder
Sekarang: Moskovitz mendirikan startup bernama Asana pada tahun 2008 bersama salah seorang rekannya yang dulu menjabat sebagai manager engineering di Facebook bernama Justin Rosenstein. Ia juga seorang investor di startup teknologi seperti Path, Venmo, Flipboard dan NationBuilder.


4. Andrew McCollum 

Andrew adalah orang yang mendesain logo Facebook pertama kalinya. Ia juga punya proyek lain bersama Zuckerberg, Wirehog.
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Bekerja di Facebook sejak: Februari 2004 – September 2006
Posisi di Facebook: Engineer, Co-founder
Sekarang: McCollum bergabung dengan Flybridge Capital Partners sebagai pengusaha pada tahun 2011. Kemudian ia menjadi salah satu di perusahaan VC, NEA. Sekarang dia lebih banyak berinvestasi dan terlibat dalam startups teknologi lainnya, seperti Quilt dan JobSpice.

5. Chris Hughes

 Ia adalah salah satu pendiri Facebook dan bertugas sebagai juru bicara Facebook. Dia kemudian dipercaya untuk menangani kampanye Barack Obama pada pemilihan presiden tahun 2008. Seluruh aspek jejaring sosial dikoordinasikan olehnya. Dia adalah orang di balik kesuksesan kampanye Barrack Obama.

Di antara pendiri Facebook lainnya seperti Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, dan Eduardo Saverin, Hughes adalah satu-satunya orang yang tidak bisa coding. Namun ia tahu apa yang diinginkan pengguna Facebook sehingga Zuck tetap bisa mengandalkannya. Ia mampu mengarahkan Facebook ke pasar yang tepat.
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Bekerja di Facebook sejak: Februari 2004
Posisi di Facebook: Co-founder
Sekarang: Setelah meninggalkan Facebook, Hughes pergi ke Jumo, sebuah startup yang mencoba memanfaatkan media sosial untuk mengubah dunia. Dia juga merupakan investor di UpWorthy, sebuah startup berita viral. Pada tahun 2012, Hughes membeli saham mayoritas di majalah The New Republic. Dia sekarang menjabat sebagai Executive Chairman dan penerbit dari publikasi tersebut.

6. Eduardo Saverin

 Ia merupakan salah satu co-founder Facebook dan CFO pertama Facebook, pernah menjadi teman sekamar Mark Zuckerberg juga. Nama Eduardo banyak dibicarakan karena ia menggugat Mark Zuckerberg dan dua pendiri Facebook lainnya.
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Bekerja di Facebook sejak: February 2004
Posisi di Facebook: Co-founder

Sekarang:
Setelah memenangkan pertempuran hukum dengan Facebook dimana statusnya sebagai co-founder tetap dipertahankan, Saverin mulai berinvestasi di sejumlah startup seperti Qwiki dan Jumo milik Chris Hughes. Pada tahun 2011, Saverin yang lahir di Brazil meninggalkan kewarganegaraan AS dan pergi ke Singapura, kemungkinan karena pajak yang harus ia bayarkan menyusul penawaran umum Facebook.

Saverin mengatakan ia tidak sakit hati dengan Facebook ataupun Mark Zuckerberg, yang menggulingkan dia dari perusahaan tak lama setelah Facebook diluncurkan. Sejak itu, Saverin telah berinvestasi di startup, salah satunya di perusahaan mayones tanpa telur, Hampton Creek.

7. Taner Halicioglu 

Taner adalah karyawan real pertama Facebook, di luar para pendiri Facebook. Dia-lah yang membangun seluruh infrastruktur hardware awal di Facebook.
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Bekerja di Facebook sejak: Oktober 2004 – November 2009
Posisi di Facebook: Senior Software/Operations Engineer
Sekarang: Halicioglu pernah menjadi Lead Reliability Engineer of Battle.net di Blizzard Entertainment. Sekarang dia adalah dosen di UC San Diego di jurusan Computer Science and Engineering.


8. Sean Parker 

Sean adalah seorang karyawan awal di Napster dan yang mendirikan presiden Facebook.
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Bekerja di Facebook sejak from: June 2004 – January 2006
Posisi di Facebook: President
Sekarang: Parker mencoba untuk membuat startup video baru bernama Airtime, tapi gagal. Sekarang dia adalah managing partner dari Founder's Fund. Dia juga terlibat dalam Spotify sebagai anggota dewan, salah satu dari banyak startup tempat ia berinvestasi.

9. James Pereira 

James Pereira adalah karyawan ke-7 Facebook. Ia hengkang dari perusahaan tiga tahun setelah bergabung dengan Facebook.

Bekerja di Facebook sejak: July 2004 – August 2007
Posisi di Facebook: Engineer
Sekarang: Pereira sekarang tinggal di Portland, menurut halaman Facebook-nya. Tidak jelas apa apa pekerjaannya sekarang.

10. Steve Chen


Steve Chen meninggalkan Facebook tak berapa lama, tepatnya beberapa bulan setelah mengembangkan situs berbagi video YouTube.
Inilah Karyawan Pertama Facebook, Dimana Mereka Sekarang?
Bekerja di Facebook: hanya beberapa bulan, pada 2005
Posisi di Facebook: Senior Software Engineer
Sekarang: Chen mendirikan YouTube, yang kemudian dijual ke Google dengan harga US$ 1 miliar. Dia mendirikan perusahaan lain, Avos, pada tahun 2011. Pada tahun 2014, Chen bergabung dengan Google Ventures sebagai pengusaha.






Sumber: liputan6.com

Disclaimer : Sebagian atau seluruh artikel, gambar, video, berita dan sebagainya yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta. Sebagian atau seluruhnya itu bersumber dari blog maupun website lain atau sumber lainnya. Jika ada yang keberatan untuk ditampilkan artikel, gambar, video, berita dan sebagainya di blog ini, agar disampaikan kepada kami melalui kontak form disini yang selanjutnya akan dihapus dari blog ini. Terima kasih.

Post a Comment

 
Top