0
Benda Bersejarah NASA Ditemukan Jadi Barang Rongsokan
Barang bersejarah buatan Badan Antariksa AS (NASA) ditemukan tak sengaja telah menjadi barang rongsokan di sebuah rumah di kawasan Blountsville, Alabama, AS.

Barang bersejarah itu adalah mobile test article (MTA), purwarupa kendaraan penjelajah NASA untuk misi pertama peluncuran astronaut ke Bulan.

Dikutip Space.com, Senin 2 November 2015, MTA dibuat pada 1965 oleh insinyur Brown Engineering for the Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama. Pada tahun itu, MTA diuji oleh ilmuwan roket Jerman yang kemudian menjadi Direktur Engineering for the Marshall Space Flight Center, Wernher von Braun.

MTA diketahui akhirnya tak menjadi pemenang kendaraan yang diluncurkan ke Bulan dalam misi Apollo 17 pada 1972.

Namun, entah kenapa kendaraan bersejarah itu kemudian dinyatakan hilang hingga ditemukan kembali oleh sejarawan Angkatan Udara AS.

Dikisahkan pada 2014, sejarawan itu menemukan kendaraan penjelajah Bulan NASA itu secara tak sengaja, saat ia mengunjungi ibunya di Alabama. Tiba-tiba, ia melihat seonggok kereta rongsokan di belakang rumah tetangga ibunya. Dia kemudian mengambil foto kereta rongsokan beroda empat itu dan mengirimkan pemberitahuan ke NASA.

Mendapat pemberitahuan tersebut, Office of Inspector General (OIG) NASA di Marshall kemudian mencoba menghubungi sang pemilik barang rongsokan tersebut untuk meminta barang itu diserahkan ke NASA demi dipulihkan kembali.
Sayangnya, surat yang dikirimkan NASA terlambat. Dilaporkan, pemilik asli barang rongsokan tersebut telah meninggal dan barang itu sudah dijual ke diler rongsokan. Sang pemilik diler pun mengaku ingin menjual barang rongsokan tersebut, bahkan pemilik diler tergiur untuk melelang barang bersejarah tersebut.

"Saya pikir mereka hanya ingin mendapatkan ini untuk menjadi milik mereka. Mereka menawarkan saya (tunjangan), mereka menawarkan segala sesuatu termasuk uang tunai," kata pemilik diler rongsokan tersebut.

Pemilik diler menegaskan, memang ia tak mau mendonasikan barang rongsokan tersebut. Ia ingin menjual barang bernilai itu, namun ia mengaku ingin berkonsultasi dengan pengacaranya terlebih dahulu.

"Saya akan melihat kemungkinan menjualnya dengan tawaran ratusan sampai ribuan dolar, tergantung bagaimana lelang itu dipromosikan," kata pemilik diler.

Ironisnya, kendaraan bersejarah NASA itu telah ditawarkan pada iklan baris di koran Alabama. Sontak, kendaraan berusia 50 tahun itu menjadi perhatian setelah juga muncul iklan yang dilaporkan oleh majalah Motherboard pada 27 Oktober 2015.

Kendaraan bersejarah itu juga dijual dalam "lelang spesial" pada iklan hitam putih di Arab Tribune. Pada lelang itu dituliskan "purwarupa asli kereta pertama Bulan".

Dalam foto iklan dan lelang, kendaraan bersejarah itu kini telah berubah. Antena yang ada di bagian kepala serta kendali kendaraan hingga tempat duduk telah hilang.
Benda Bersejarah NASA Ditemukan Jadi Barang Rongsokan



Sumber: viva.co.id

Disclaimer : Sebagian atau seluruh artikel, gambar, video, berita dan sebagainya yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta. Sebagian atau seluruhnya itu bersumber dari blog maupun website lain atau sumber lainnya. Jika ada yang keberatan untuk ditampilkan artikel, gambar, video, berita dan sebagainya di blog ini, agar disampaikan kepada kami melalui kontak form disini yang selanjutnya akan dihapus dari blog ini. Terima kasih.

Post a Comment

 
Top